#DPO, daftar pelanggan yg kabur tidak bayar. Hastag #pesankabur

Hari ini, selasa 2 Agustus 2022 pkl 16.50wib (awal pesan), pukul 17.05wib (kabur). 1 lagi pelanggan kedai kopi @ratujawi yang berasal dari pelanggan bengkel Lion (ruko tetangga), pesan teh anget dan ambil roti. Kabur dan tidak melakukan pembayaran. Kemarin Jumat juga ada pasangan muda - mudi "pesan kabur", kita posting di intagram, dan kami beri judul "jumat berkah".



Kembali ke kejadian siang - sore ini. Melihat gerak gerik melalui cctv, pelaku terpantau tenang, seperti terbiasa melakukan berbuatan "pesan kabur".
Ini bukan cerita kali ini saja. Sudah berkali-kali. Nilainya 5ribu sampai 30ribu. Sepertinya sepele, tetapi "pesan -kabur" tetaplah perbuatan melawan hukum. Disitu ada niat "ambil tanpa bayar".

Kita menghargai pelanggan yang jujur. Tapi inilah kenyataan kita dalam berdagang. Prosentase kecil 1 banding 30 pelanggan kami lah. Atau setidaknya 1 minggu sekali ada 1 pelanggan coba kabur/ tidak jujur atas pembeliannya.

Entahlah apa yang ada dibenak mereka ?.  Dan rata-rata merupakan pelanggan yang berasal dari bengkel LION (sebelah). Maaf ini saya sebut, bukan mereka terlibat. Sama sekali, atas kejadian ini, kita sama-sama korban. Ruko kami bertetangga, sebelah, nempel. Sehingga sebagian kecil pelanggan bengkel "ngopi" ke #ratujawi. Tapi memang, rata-rata pelanggan bengkel baik dan jujur. Sedangkan prosentase yg "pesankabur" berawal nge bengkel bisa 40% an. Yah rata-rata pelanggan yg sedang service motor. Lalu pesan dan kabur......hehehe maaf pak Lilik 🙏. Jadi masih lebih banyak yang jujur....bayar-bayar-bayar. 



Foto 1. Pesan, foto ke 2 terima teh, foto ketiga : ambil roti.
Ciri-ciri baju unggu (kaos bola).
Sekali lagi kejadian ini tidak sekali, sering. Kita coba tidak mengingat, tetapi tetap sebagai pedagang saya catat. Bagi yang merasa "pesan - kabur", bill nota pesan (kasir), blog ini dan bukti rekaman CCTV. Sudah cukup menghukum kalian. Publikasi ini ditulis untuk tujuan #efekjera. Sekiranya lekas sadar, jangan diulangi kebiasaan mencuri ditempat lain.

Berita ditulis oleh Dedi Triputra. Barista di Kedai Kopi Ratu Jawi. Beralamat di teras Laundry Asri, Ruko Beringin Hills Estate no2, Jl Raya Beringin, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang. Nomor whatsapp ; 088215238283

Komentar